KAWALIAN DI TATAR SUNDA

Buat Muslim

أسلم تسلم

Buat Non Muslim

السلام على من اتبع الهدى

Rabu, 19 April 2017

Kenabian dan Rasulan akan terus berlangsung 1


Nabi secara bahasa dan istilah. dalam bahasa lain. Nabi memberitakan kebenaran namun tidak disuruh menyebarkannya, sedangkan Rasul memberitakan kebenaran dan disuruh menyebarkannya.
Alloh mengabarkan, bahwa kenabian dan kerasulan ditutup oleh Nabi Kita Nabi Muhammad SAW. tapi disisi lain mengabarkan pula bahwa Nabi Isa as. diangkat dan akan diturunkan kembali ke dunia untuk meneruskan ajaran kebenaran yang merupakan estafet dari ajaran Nabi Muhammad SAW.
Dalam QS. Ghofir/Al-Mu'min ayat 28, Alloh berfirman:
وَقَالَ رَجُلٌ مُّؤْمِنٌ مِّنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَكْتُمُ إِيمَانَهُ أَتَقْتُلُونَ رَجُلًا أَن يَقُولَ رَبِّيَ اللَّهُ وَقَدْ جَاءَكُم بِالْبَيِّنَاتِ مِن رَّبِّكُمْ ۖ وَإِن يَكُ كَاذِبًا فَعَلَيْهِ كَذِبُهُ ۖ وَإِن يَكُ صَادِقًا يُصِبْكُم بَعْضُ الَّذِي يَعِدُكُمْ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ مُسْرِفٌ كَذَّابٌ (28)
silahkan terjemahkan sekaligus tadarus.
Kira-kira dalam ayat tersebut, rojulun mu'min itu siapa, dan tingkatannya apa? apa seseorang yang bernama atau tidak punya nama?. dan tentunya bernama. -NAMANYA HANYA ALLOH SAJA YANG TAHU- kemudian untuk tingkatannya, apakah mu'min/mukmin biasa? mukmin sholeh, wali, nabi? HANYA ALLOH SAJA YANG TAHU.
Jumlah rasul YANG WAJIB DIKETAHUI ADA 25, mafhum mukholafa dari wajib?
  • mafhum mukholafah dari wajib - dalam ilmu tauhid adalah mustahil dan jaiz.

adakah rasul yang mustahil diketahui?
adakah rasul yang jaiz diketahui?
  • mafhum mukholafah dari wajib - dalam ilmu fiqih, adalah sunat, mubah, haram dan makruh.
yang mau dipertanyakan yang mana? soalnya masalah kerasulan bukan bidang fiqih, tetapi memang bidang tauhid.
  • mafhum mukholafah dari wajib - dalam adat, adalah syarat, rukun, mani', sah, batal.

Dari hal tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kenabian dan kerasulan akan terus berlangsung, namun..... dilihat dari inti ajarannya. kalau menyimpang dari ajaran yang dibawa oleh Nabi Terakhir yaitu Nabi Muhammad SAW. maka dipastikan nabi tersebut adalah palsu. kalaulah benar.... ya ikuti.
terus buktinya kenabian akan terus berlangsung .... bersambung

Tidak ada komentar :

Posting Komentar